Saturday, 11 February 2017

Masih Bingung, Apa Sih Prinsip Dasar Menu Food Combining?

Hubungi Ibu Septi Wulandari S.Kom
SMS/WA: 087836666947
Pin : 26634bbe
http://super-e.net/

Menu Food combining sejatinya tidaklah rumit tetapi memanglah di perlukan komposisi yang pas supaya konsumsi gizi tetaplah terbangun. Pola makan food combining didesain sesuai dengan siklus metabolisme badan supaya sistem proses pencernaan makanan, penyerapan sari makanan serta pemanfaatannya untuk badan, dan pembuangan sampah makanan berjalan efisien serta efektif. Dengan hal tersebut semua organ badan bisa bekerja sesuai sama kemampuannya.

Apakah itu Food Combining?
Food Combining yaitu satu penyusunan pola makanan yang di cocokkan dengan system percernaan alamiah badan untuk memperoleh Ph netral (Ph 7, 35 – 7, 45) pada asam serta basa. Prinsip basic combining ini di berharap supaya organ-organ pencernaan badan kita bisa bekerja sebagai mana harusnya, dalam pengertian semuanya organ bisa bekerja maksimal.

Maksud paling utama food combining yaitu untuk memperoleh pola makan yang sehat dan optimalisasi dari gizi makanan yang di serap oleh badan juga optimal. Dapat di katakan dengan food combining bakal melatih penyerapan gizi serta pembuangan sisa makanan dengan baik, efeknya sudah pasti jadikan organ badan jadi baik juga.

Diet Food Combining
Food Combining bukan sekedar jadikan organ pada badan jadi sehat serta maksimal lantaran dampaknya akan terlihat pada system kekebalan badan, hal semacam ini di pacu lantaran penyerapan gizi jadi begitu optimal hingga produksi enzim pada badan juga lancar. Mengenai sebagian dampak lain yaitu dapat menguatkan system kekebalan badan serta begitu pas untuk turunkan berat tubuh, oleh karena itu banyak pada pelaku diet mengaplikasikan menu food combining untuk mendongkrak program diet.

Diet Food Combining pernah jadi trend sekian waktu silam, lantaran terkecuali tak repot juga condong aman untuk badan mengingat food combining sifatnya pemaksimalan menu makanan serta system pencernaan. Tetapi banyak juga sebagian ahli gizi serta medis yang kontra dengan food combining lantaran berasumsi kalau badan manusia mampu mengolah bermacam2 makanan spesifik kurun waktu spesifik juga. Cara Food Combining sendiri condong mengonsumsi makanan spesifik saja serta pada saat/jadwal yang telah di tetapkan.

Contoh Menu Food Combining
Tersebut contoh jadwal menu food combining yang kami kutip dari Food combining indonesia, menu berikut ini yaitu pilihan paling ideal untuk anda yang menginginkan memperoleh hasil optimal dalam mengaplikasikan food combining

Menu serta Jadwal Food Combining Ideal
Jam Aktivitas Menu Makan
05. 00 Bangun pagi Segelas air hangat dengan perasan jeruk nipis/lemon
07. 00 Makan pagi/Sarapan Jus buah fresh tanpa ada gula
09. 00 Kudapan Pagi Buah fresh, potong kecil2 seperlunya. Makan potongan buah cuma waktu lapar.
12. 00 Makan Siang Harus menu Protein seperti ayam goreng, taoge goreng, lalapan, sayur fresh, serta sambal
16. 00 Kudapan Sore Lumpia isi sayur serta 1 gelas susu kedelai di lebih 1 sendok manu murni
20. 00 Makan Malam Nasi Merah, tumis brokoli, tahu-tempe goreng, lalapan sayur fresh, sambal
Bila jadwal menu food combining diatas di rasa susah silahkan coba menu alternatifnya dibawah ini

Jam Aktivitas Menu Makan
05. 00 Bangun pagi Segelas air hangat dengan perasan jeruk nipis/lemon
07. 00 Makan pagi/Sarapan Sarapan buah potongan, cocokkan buah musiman waktu itu.
09. 00 Kudapan Pagi Buah fresh, potong kecil2 seperlunya. Makan potongan buah cuma waktu lapar. Pakai sisa potongan buah waktu sarapan tadi.
12. 00 Makan Siang Nasi, semur tahu, tempe goreng, serta irisan 1 buah timun segar
16. 00 Kudapan Sore siomay yang berisi tahu, kentang, serta kol rebus dengan sedikit bumbu kacang.
20. 00 Makan Malam Ketoprak, lotek, pecel atau gado-gado tanpa ada telur

Minum Air Hangat JENIPER Waktu Bangun Tidur

Minum satu gelas air putih hangat yang sudah digabung 2-3 sendok makan air JENIPER (Jeruk Nipis Peras) bakal menolong sistem detoksifikasi alami yang tengah berlangsung. Air hangat bakal bermanfaat untuk aktifkan enzim pada badan, sedang Air jeruk nipis/lemon adalah tonikum untuk Liver yang sudah bekerja sangat keras waktu kita tidur.

Butuh diperhatikan waktu pencampuran air hangat ini yaitu air hangat duluan baru lalu air jeruk nipis perasnya, janganlah paling baik lantaran dampaknya tidak sama. Lantas waktu meminum air hangat Jeniper tadi baiknya satu teguk untuk satu teguk sampai habis, janganlah segera di butuhkan sekali saat.

Makan Pagi serta Kudapan Pagi
Menu jadi pagi yang paling pas yaitu buah fresh, dapat berbentuk buah potong, salad buah, juice buah, lassi atau smoothie. Buah sediakan daya siap gunakan, berbentuk gula biuah, yang bisa diolah serta diserap badan dengan cara efektif, tanpa ada butuh daya metabolisme yang sangat besar. Hal semacam ini sangat cocok dengan metabolisme pada pagi hari yang masihlah ada pada siklus pembuangan serta badan belum siap menggerakkan manfaat pencernaan makanan.

Lantaran gampang diolah, buah fresh lebih cepat meninggalkan lambung hingga kitapun jadi fresh. Kita butuh konsumsi buah kurang lebih tiap-tiap 2 jam sekali untuk penuhi tuntutan rasa lapar serta melindungi konsentrasi gula darah hingga tetaplah tambah energi. Bila menginginkan kenyang yang lebih lama, perkaya hidangan buah atau juice buah dengan plain yougurt. Perkaya sajian buah dengan sedikit (1-2 sendok makan) kacang-kacangan panggang/sangrai, seperti kenari, almond, kacang tanah, walnut, hazelnut, serta brazil nut. Sama dengan gula buah, lemak kacang-kacangan termasuk lemak sehat yang gampang diolah.

Terkecuali plain yougurt, makanan hewani yang bisa dikonsumsi saat pagi hari menurut ketentuan Food Combining yaitu telur yang dimasak tanpa ada atau sedikit minyak goreng, umpamanya telur rebus atau omelet (telur dadar). Komposisi asam amino telur yang baik jadikan protein telur gampang diolah serta diserap badan. Cuma saja santap telur rebus atau omelet dengan cara terpisah dari sajian buah. Mengkonsumsi buah 15-30 menit sebelumnya konsumsi telur. Untuk sajian omelet, telur bisa digabung dengan sayuran, seperti wortel, brokoli, bawang bombai, paprika serta tomat.

Makan Siang serta Makan Malam
Siang hari adalah saat paling ideal menyantap menu protein hewani, lebih ideal dari pada malam hari walau pada pukul makan siang serta makan malam badan kita samasama ada dalam siklus mengolah. Makanan hewani memerlukan sistem pencernaan lebih lama dari pada pati. Makanan hewani memerlukan saat cerna 4-6 jam sedang pati cuma 2-3 jam. Bila kita konsumsi menu protein saat malam hari jam 19. 00, peluang makanan belum tercerna semuanya saat siklus telah beralih ke menyerap jam 20. 00. Mengakibatkan tumpukan makanan yang menumpuk bakal terlambat tercerna bakal menumpuk serta jadi toksin

Bila makan siang dengan menu protein hewani, isi makan malam dengan menu pati. Pati terkecuali dapat dipadukan dengan sayuran dengan tempe tahu dapatlah dipadukan dengan polong-polongan seperlunya. Contoh polong-polongan diantaranya kacang hijau, kacang merah, kacang tolo, kacang garbanzo (chickpea), miju-miju (lentil/dhal). Polong-polongan kaya protein, juga pati serta serat. Oleh lantaran, dalam food combining polong-plongan dengan makanan hewani (daging, unggas, ikan) bakal membuahkan kombinasi yang jelek lantaran menyusahkan kerja pencernaan. Tetapi polong-polongan masihlah mungkin saja dipadukan dengan pati (nasi, pasta, bihun serta umbi-umbian) sepanjang jumlahnya tak terlalu berlebih.

Menurut ketentuan, mengkonsumsi protein hewani serta pati sehari-hari mesti disertai dengan sayuran dengan jumlah 3 kali semakin banyak, diukur berdasar pada volumenya. Mengkonsumsi beberapa sayuran itu dengan cara mentah untuk memasok keperluan vitamin anti oksidan, enzim serta fitonutrisi badan. Bila tak dapat menggunakan sayuran sejumlah jumlah itu, mengkonsumsi beberapa sayuran berbentuk juice sayuran.

Kudapan Sore
Kudapan sore paling aman yaitu sayuran, umpamanya salad atau sup sayuran. Hidangan salad sayuran bisa diperkaya dengan sedikit ta buran kismis, kacang-kacangan, seperti kenari, kacang tanah, almond, mete atau biji-bijian, seperti wijen. Kudapan sayuran dapatlah berbentuk potongan sayuran dengan saus celup, seperti potongan wortel mentah, mentimun, paprika, bit dengan saus mayonaise, saus rujak manis (gula merah) atau saus gado-gado. Kudapan sayuran adalah pilihan paling pas bila anda tengah menggerakkan program penurunan berat tubuh.

Bila anda menginginkan menambah atau menjaga berat tubuh tentukan kudapan pati. Anda tak perlu cemas, kudapan pati tak menambah berat tubuh yang telah seimbang. Bila menggerakkan Food combining dengan cara disiplin, system metabolisme badan bakal bekerja dengan cara efisien serta efektif hingga badan dengan cara automatis menggerakkan manfaat setpoint. Yakni system kontrol alami badan yang mengatur berat tubuh dambaan tiap-tiap orang. Mungkin saja berat tubuh kita memanglah jadi tambah atau menyusut disuatu saat hingga kita terlihat lebih kurus atau gemuk namun berat tubuh itu bakal selekasnya kembali ke setpoint.

Untuk sore hari, anda dapatlah nikmati kudapan protein hewani yang gampang diolah, umpamanya telur rebus atau omelet dengan kombinasi sayuran yang dimasak dengan sedikit minyak. Degan sekian, saat saat makan malam tiba, lambung anda telah siap mengolahnya dengan baik.

Baiknya nikmati kudapan sore berbarengan secangkir teh hijau atau teh herba hangat tanpa ada penambahan gula. Teh herba dapat di buat sendiri lewat cara menyeduh bahan bumbu rempah yang gampang didapat, umpamanya jahe, serai, daun jeruk atau ketumbar dengan air mendidih.

Mendekati Sore
Secangkir atau satu gelas juice sayuran adalah penutup yang mengasyikkan dari rangkaian makanan sehat sehari-hari. Supaya nyaman pastikan juice dengan komposisi yang enak, umpamanya paprika (manis), wortel (manis), batang seledri (manis), kol hijau atau merah (manis), kapri (manis), buncis mini atau buncis baby (manis), tomat (manis asam), touge (netral) serta labu siam atau labu air (netral). Bila rasana masihlah kurang menggugah, berikan 1-2 sendok makan air jeruk lemon/nipis.

Bila sangat mungkin, juice sayuran mungkin dipindahkan ke sore hari. Serta untuk mendekati tidur, nikmati teh hijau atau teh herba hangat.

Sekian, terimakasih sudah membaca Prinsip Basic Menu Food Combining, mudah-mudahan artikel mengenai kesehatan diatas berguna, serta awalilah hidup sehat dari saat ini.

Related Posts

Masih Bingung, Apa Sih Prinsip Dasar Menu Food Combining?
4/ 5
Oleh